SIKAP NARAPIDANA WANITA PADA PELAKSANAAN PROGRAM PEMBINAAN KETERAMPILAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN WANITA KLAS IIA PALEMBANG

  • risma jayanti Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Sriwijaya
  • Yoyok Hendarso Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Sriwijaya
  • Safira Soraida Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Sriwijaya
Keywords: narapidana wanita, sikap, keterampilan, program pembinaan

Abstract

 Penelitian ini berfokus kepada bagaimana sikap narapidana wanita kelas II A Palembang dalam melaksanakan program pembinaan keterampilan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu kepada teori sikap dari Saifuddin Azwar. Metode kualitatif digunakan dalam menjawab pertanyaan penelitian dengan menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Informan dipilih secara purposive dengan mengambil dua belas orang informasn yang terdiri dari sepuluh informan utama yakni narapidana wanita dan dua informan kunci yakni petugas Lembaga Pemsyarakatan Wanita Kelas IIA Palembang.

Hasil penelitian menunjukkan (1) dilihat dari aspek kognitif, narapidana wanita memperoleh keuntungan  mengisi waktu selama masa pembinaan dan sarana mencari pekerjaan, (2) dilihat secara afektif, narapidana wanita merasa senang, terhibur dan Pelepas jenuh, (3) dilihat dari aspek konatif, narapidana wanita antusias namun juga ada yang merasa malas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S. (2007). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Edisi ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial. Jakarta: Erlangga.
Bungin, P. D. H. M. B., & Sos, S. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Edisi Kedua. Kencana.
Dwiatmodjo, H. (2013). Pelaksanaan pidana dan pembinaan narapidana tindak pidana narkotika (Studi terhadap Pembinaan Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Yogyakarta). Perspektif, 18(2), 64–73.
Mahmudah, S. (2010). Psikologi sosial: Sebuah pengantar. UIN-Maliki Press.
Moleong, L. J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif Cet. 21. Bandung: Rosda Karya.
Poernomo, B. (2003). Pelaksanaan Pidana Penjara Dengan Sistem Pemasyarakatan. Liberty.
Zainuddin, A. (2012). Sosiologi Hukum. Sinar Grafika.
Published
2019-09-30
How to Cite
jayanti, risma, Hendarso, Y., & Soraida, S. (2019). SIKAP NARAPIDANA WANITA PADA PELAKSANAAN PROGRAM PEMBINAAN KETERAMPILAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN WANITA KLAS IIA PALEMBANG. Jurnal Media Sosiologi, 22(2), 111 - 118. Retrieved from http://jms.fisip.unsri.ac.id/index.php/jms/article/view/26

Most read articles by the same author(s)