KENAKALAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) YP GAJAH MADA PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini mengkaji mengenai “Kenakalan Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YP Gajah Mada Palembang”. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kenakalan yang dilakukan oleh siswa di sekolah karena beberapa sebab baik sebab internal maupun sebab ekstenal sehingga sebab- sebab tersebut akhirnya membawa pada kasus-kasus kenakalan yang dilakukan oleh siswa di sekolah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk memahami bagaimana kenakalan siswa di sekolah dan apa penyebab siswa melakukan kenakalan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam (indepth interview) dan dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial dari Max Weber. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kenakalan siswa terjadi karena hasil dari suatu proses interaksi dari keluarga dan teman sebaya yang tidak sempurna, dimana keluarga merupakan agen sosialisasi pertama yang akan diterima oleh siswa sebelum siswa bersosialisasi diluar keluarga yaitu teman sebaya. Teman sebaya merupakan tempat bersosialisasi sebagai proses siswa menjalin hubungan yang baru dengan orang lain diluar hubungannya dengan keluarga yang terlepas dari tindakan instrumental (zwerk rational) merupakan tindakan sosial yang dilakukan seseorang didasarkan atas pertimbangan dan pilihan sadar yang berhubungan dengan tujuan tindakan itu dan ketersediaan alat yang dipergunakan untuk mencapainya. Tindakan afeksi atau tindakan yang dipengaruhi emosi (affectual action) merupakan tindakan yang didasarkan pada sentiment atau emosi yang dimiliki oleh seseorang.
Downloads
References
Bungin, Burhan. 2012. Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Edisi Kedua. Cetakan Keenam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Creswell, Jhon W. 2012. Research Design. Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Damsar. 2015. Pengantar Teori Sosiologi. Jakarta: PT Aditya Andrebina Agung.
Denzin, N.K and Lincoln, Y.S. 2005. Handbook Of Qualitativ Research. Third Edition, Thausand Oaks. California: Sage Publications Inc. Hurlock, B. Elizabeth. 2003. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Kholis, Nur. 2011. Kisah Inspirasi Perjuangan Berhenti Merokok. Yogyakarta: Real Books.
Karsidi, Ravik. 2007. Sosiologi Pendidikan. Surakarta: UNS (UNS Press).
Moleong, Lexy J. 2003. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Narwoko, J. Dwi dan Suyanto, Bagong. 2010. SOSIOLOGI Teks Pengantar Dan Terapan. Edisi Keempat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Purnama, Dadang H. 2004. Modul Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Unsri.
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Edisi Kedelapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santrock, John. W. 2011. Psikologi Pendidikan. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Humanika.
Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Edisi Kesatu. cetakan Keempat Puluh Empat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudarsono. 2012. Kenakalan Remaja. Cetakan Keenam. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Walgito, Bimo. 2003. Psykologi Social (Suatu Pengantar), Yogyakarta penerbit Andi. Wilis, Sofyan S. 2008. Remaja dan Masalahnya. Bandung: Alfabeta.
Yesmil , Adang. 2013. Sosiologi Untuk Universitas, Bandung: PT Refika Aditama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.