KENAKALAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) YP GAJAH MADA PALEMBANG

  • sri sutami Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Sriwijaya
  • Dadang Hikmah Purnama Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Sriwijaya
  • Safira Soraida Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Sriwijaya
Keywords: Kenakalan remaja, pendidikan

Abstract

Penelitian    ini    mengkaji    mengenai “Kenakalan  Siswa  Di  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YP Gajah Mada Palembang”. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kenakalan yang dilakukan oleh siswa di sekolah karena beberapa sebab baik sebab internal maupun sebab ekstenal sehingga sebab- sebab tersebut akhirnya membawa pada kasus-kasus kenakalan  yang  dilakukan oleh siswa di sekolah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk memahami bagaimana kenakalan siswa di sekolah dan apa penyebab siswa melakukan kenakalan.     Metode  yang  digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan  data   dilakukan  dengan cara observasi, wawancara mendalam (indepth  interview)  dan  dokumentasi.

Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial dari Max Weber. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kenakalan siswa terjadi karena hasil dari suatu proses interaksi dari keluarga dan teman sebaya yang tidak sempurna, dimana keluarga merupakan agen sosialisasi pertama yang akan diterima oleh siswa sebelum siswa bersosialisasi diluar keluarga yaitu teman sebaya. Teman sebaya merupakan tempat bersosialisasi sebagai proses siswa menjalin hubungan yang baru dengan orang lain diluar hubungannya dengan keluarga yang terlepas dari tindakan instrumental (zwerk rational) merupakan tindakan sosial yang dilakukan seseorang didasarkan  atas  pertimbangan  dan pilihan sadar yang berhubungan dengan tujuan tindakan itu dan ketersediaan alat yang dipergunakan untuk mencapainya. Tindakan afeksi atau tindakan yang dipengaruhi emosi (affectual action) merupakan tindakan yang didasarkan pada sentiment atau emosi yang dimiliki oleh seseorang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. 2012. Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Edisi Kedua. Cetakan Keenam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Creswell, Jhon W. 2012. Research Design. Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Damsar. 2015. Pengantar Teori Sosiologi. Jakarta: PT Aditya Andrebina Agung.
Denzin, N.K and Lincoln, Y.S. 2005. Handbook Of Qualitativ Research. Third Edition, Thausand Oaks. California: Sage Publications Inc. Hurlock, B. Elizabeth. 2003. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Kholis, Nur. 2011. Kisah Inspirasi Perjuangan Berhenti Merokok. Yogyakarta: Real Books.
Karsidi, Ravik. 2007. Sosiologi Pendidikan. Surakarta: UNS (UNS Press).
Moleong, Lexy J. 2003. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Narwoko, J. Dwi dan Suyanto, Bagong. 2010. SOSIOLOGI Teks Pengantar Dan Terapan. Edisi Keempat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Purnama, Dadang H. 2004. Modul Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Unsri.
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Edisi Kedelapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santrock, John. W. 2011. Psikologi Pendidikan. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Humanika.
Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Edisi Kesatu. cetakan Keempat Puluh Empat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudarsono. 2012. Kenakalan Remaja. Cetakan Keenam. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Walgito, Bimo. 2003. Psykologi Social (Suatu Pengantar), Yogyakarta penerbit Andi. Wilis, Sofyan S. 2008. Remaja dan Masalahnya. Bandung: Alfabeta.
Yesmil , Adang. 2013. Sosiologi Untuk Universitas, Bandung: PT Refika Aditama
Published
2019-02-28
How to Cite
sutami, sri, Purnama, D., & Soraida, S. (2019). KENAKALAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) YP GAJAH MADA PALEMBANG. Jurnal Media Sosiologi, 22(1), 12 - 22. Retrieved from http://jms.fisip.unsri.ac.id/index.php/jms/article/view/17

Most read articles by the same author(s)