GAYA HIDUP BERSEPEDA PADA KOMUNITAS BIKE TO WORK DI KOTA PALEMBANG
Abstract
Masyarakat adalah sebuah kelompok sosial yang berisi orang memiliki hobi menggunakan sepedanya. Sepeda menjadi citra pemiliknya, menjadi hobi bagi pemilik dan ini adalah di mana orang dalam hal ini pemilik atau pengguna Sepeda mulai mencari wadah atau tempat untuk menyalurkan hobinya yang kemudian membentuk kelompok penggemar sepeda atau semakin akrab kita akrab dengan klub sepeda atau motor masyarakat. Menjadi Bikers (pengendara sepeda) bukan hanya menjadi pengendara sepeda tetapi telah membuat gaya hidup yang membawa namanya di klub sepeda. Para peneliti mengambil alih komunitas Bike to work (B2W) di Palembang. Para peneliti menggunakan teori habitus dari Pierre Bourdieu, serta metode kualitatif dengan pendekatan genetik dari Bourdieu untuk mendeskripsikan, menganalisa, dan memperhitungkan asal-usul seseorang dan asal-usul struktur sosial di dalam komunit Sepeda y di Palembang. Gaya hidup di sepeda untuk bekerja masyarakat Palembang terbentuk karena kegiatan, minat dan pengetahuannya sehingga dapat menghasilkan praktik sosial yang membentuk gaya hidup sehat dan gaya hidup konsumen di sepeda ke komunitas kerja. Selain itu, untuk menjaga keberadaan sepeda untuk kerja masyarakat ada beberapa aspek yang dimiliki oleh modal sepeda untuk komunitas kerja, arena, habitus dimiliki oleh anggota masyarakat, membentuk praktek sosial untuk menciptakan simbol status di Bike to work masyarakat
Downloads
References
Yogyakarta : Kreasi Wacana.
Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Burke, Peter. 2001. Sejarah dan Teori Sosial. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Chaney, David. 2003. Lifestyles: Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.
Creswell, John W. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Damsar. 2002. Sosiologi Ekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Denzin, Norman K & Yvonna S. Lincoln. 2009. Handbook Of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fashri, Fauzi. 2014. Pierre Bordieu. Yogyakarta: Jalasutra.
Giriwijoyo. 2012. Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Kotler, Philip and Amstrong G. 2011. Principles of Marketing. Edisi ketiga belas. New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Koentjaraningrat. 1990. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Lubis, Akhyar Yusuf. 2014. Postmodernisme Teori dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Luhlima, C.P.F. 2008. Keanekaragaman Komunitas. Jakarta: PT. Gramedia.
Moleong, Lexy. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya. Mutahir, Arizal. 2011. Intelektual Kolektif Pierre Bourdieu: Sebuah Gerakan Untuk Melawan Dominasi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Notoatmodjo, S. (2007). Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Piliang. 2006. Resitensi gaya hidup: Teori dan realitas (A. Adlin, ed). Yogyakarta: Jalasutra.
Poloma, Margaret M. 2007. Sosiologi Kontemporer. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Purnama, Dadang Hikmah. 2004. Modul Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Indralaya: Universitas Sriwijaya.
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi Dari Sosiologi Klasik Sampai
Perkembangan Terakhir Postmodern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Siregar, Ashadi. 1985. Popularisasi Gaya Hidup: Sisi Remaja Dalam Komunikasi Massa. Yogyakarta : Prisma.
Soekanto, Soerjono. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilo. 2008. Sosiologi Lingkungan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Takwin. 2006. Resitensi gaya hidup: Teori dan realitas (A. Adlin, ed). Yogyakarta: Jalasutra
Wiyancoko, Dudy. 2010. Desain Sepeda Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.