PRAKTEK KONSUMSI PRODUK PAKAIAN MEREK LUAR NEGERI TIRUAN PADA MAHASISWA PAGARALAM DI KOTA PALEMBANG

  • vina agustina Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Sriwijaya
  • Dadang Hikmah Purnama Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Sriwijaya
  • Safira Soraida Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Sriwijaya
Keywords: praktek konsumsi, produk pakaian, mahasiswa

Abstract

Penelitian ini berjudul “Praktek Konsumsi Produk Pakaian Merek Luar Ngeri Tiruan Pada Mahasiswa Pagaralam di Kota Palembang. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana praktek konsumsi mahasiswa pagaralam di Kota Palembang.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana habitus, modal, dan ranah mahasiswa yang terjadi di Kota Palembang, yang berdampak pada praktek konsumsi. Penelitian ini menggunakan teori Praktik Sosial dari Pierre Bourdieu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.Penelitian ini bersifat deksriptif kualitatif. Dalam penentuan informan menggunakan teknik purposive, bertujuan untuk mendapatkan informasi yang mendalam sesuai dengan permasalahan penelitian dengan jumlah 15 informan, 11 orang informan utama dan 4 orang informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam praktek konsumsinya adalah hasil dari pertarungan habitus, modal dan ranah.Dengan habitus dan modal yang dimiliki oleh tiap individu di dalam ranahnya menghasilkan praktek konsumsi produk pakaian merek luar negeri yang dilakukan oleh mahasiswa Pagaralam di Kota Palembang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Ismi Nur dan Margono Setiawan Sumarno. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sikap Konsumen dan Minat Pembelian Produk Handbag Merek Tiruan (Studi pada Konsumen Wanita di Kota Malang). Jurnal Aplikasi Manajemen Volume 12 Nomor 4. UNIBRAW. Malang.
Krisdianto, Nanang. 2014. Pierre Bourdieu: Sang Juru Damai. KANAL. Volume 2, Nomor 2. Hal. 107-206.
Mardani, Akh dan M. Jacki. 2014. Praktik Konsumtif Mahasiswa Kangean di Surabaya (Kajian Simulakra, Simulasi dan Hiperrealitas J.P. Baudrillard). Jurnal Paradigma Volume 02 Nomor 03, Program Studi Sosiologi, UNESA. Surabaya.
Mutahir, Arizal. 2001. Intelektual Kolektif Piere Bourdieu: Sebuah Gerakan untuk Melawan Dominas. Kreasi Wacana. Yogyakarta.
Wijaya, Mahendra. 2007. Sosiologi Ekonomi. Lindu Pustaka. Jawa Tengah.
Wijaya, Resti Arthardi dkk. 2013. Hubungan Antara Gaya Hidup Brand Minded Dengan Intensi Membeli Produk Fashion Tiruan Bermerek Eksklusif pada Remaja Putri. Jurnal Psikologi Kepribadian Volume 03 Nomor 01. Universitas 17 Agustus Surabaya
Published
2018-09-29
How to Cite
agustina, vina, Purnama, D., & Soraida, S. (2018). PRAKTEK KONSUMSI PRODUK PAKAIAN MEREK LUAR NEGERI TIRUAN PADA MAHASISWA PAGARALAM DI KOTA PALEMBANG. Jurnal Media Sosiologi, 21(2), 101 - 110. Retrieved from http://jms.fisip.unsri.ac.id/index.php/jms/article/view/11

Most read articles by the same author(s)