Usaha Produktif Perempuan Lanjut Usia di Desa Muara Penimbung Dusun VI Kecamatan Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir

  • ulfah septarianti Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Sriwijaya
  • Eva Lidya Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Sriwijaya
  • Safira Soraida Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Sriwijaya
Keywords: usaha produktif, lanjut usia, perempuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk usaha produktif perempuan para lanjut usia di Desa Muara Penimbung Dusun VI Kecamatan Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan sosial atas dasar rasionalitas dari Max Webber. Desain penelitian dalam skripsi ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentai dan wawancara. Teknik dalam analisis data pada penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menujukkan (1) terdapat lima bentuk usaha produktif yang dimiliki dan dilakukan oleh perempuan lanjut usia di Desa Muara Penimbung Dusun VI Kecamatan Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir. Kelima bentuk usaha produktif tersebut adalah petani, peternak, penganyam, penyirat dan warung kelontong, (2) terdapat lima alasan yang melatarbelakangi usaha produktif yang dilakukan oleh perempuan lanjut usia yaitu modal, faktor lingkungan, mengisi waktu luang, menambah penghasilan, menjadi tradisi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aspiani, R. Y. (2014). Buku ajar asuhan keperawatan gerontik. Jakarta: Trans Info Media.
Blocher, D., Chen, K. H., & Lin, T. W. (2000). Manajemen Biaya, Terjemahan Dra. A. Sutti Ambarriani, M. Si. Jakarta: Salemba Empat.
Husein, U. (1999). Riset sumber daya manusia dalam organisasi. Edisi Revisi, Gramedia, Jakarta.
Maryam, S. (2008). Menengenal usia lanjut dan perawatannya. Penerbit Salemba.
Moleong, L. J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif Cet. 21. Bandung: Rosda Karya.
Noorkasiani, S. T. (2009). Kesehatan usia lanjut dengan pendekatan asuhan keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Organization, W. H. (2013). World health statistics 2013: a wealth of information on global public health. World Health Organization.
Purnama, D. H. (2004). Modul ajar metode penelitian kualitatif. Palembang: Jurusan Sosiologi Universitas Sriwijaya.
Stanhope, M., & Lancaster, J. (2019). Public health nursing e-book: Population-centered health care in the community. Elsevier Health Sciences.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung.
Published
2019-09-30
How to Cite
septarianti, ulfah, Lidya, E., & Soraida, S. (2019). Usaha Produktif Perempuan Lanjut Usia di Desa Muara Penimbung Dusun VI Kecamatan Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Media Sosiologi (JMS), 22(2), 119 - 129. https://doi.org/https://doi.org/10.47753/jms.v22i2.27