Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Pariwisata Danau Teluk Gelam, Ogan Komering Ilir

  • Siska yuliani Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Sriwijaya
  • Alfitri Alfitri Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Sriwijaya
  • Yusnaini Yusnaini Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Sriwijaya
Keywords: Partisipasi masyarakat, Pengembangan pariwisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis partisipasi masyarakat melalui pengembangan pariwisata Danau Teluk Gelam di Desa Mulya Guna Kecamatan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini menggunakan konsep partisipasi masyarakat menurut Margono Slamet. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Desain penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan informan secara purposive. Unit analisis yang digunakan adalah masyarakat yaitu masyarakat yang tinggal di sekitar pariwisata dan pekerja di obyek wisata. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pemeriksaan dan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan faktor yang mempengaruhi partisipasi terdiri dari 3 faktor yakni 1) Kesempatan berpartisipasi: usia, pekerjaan dan penghasilan dan tingkat pendidikan; 2) Kemampuan berpartisipasi: memberikan ide dan menyumbangkan tenaga; dan 3) Kemauan berpartisipasi: diri sendiri (intern) dan luar diri (ekstern).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfitri, A., Mohd, M. A., & Abdul, R. A. (2014). Culturally-responsive strategies for resolving social conflict in rural community. Mediterranean Journal Of Social Social Sciences, 5(20), 375–385.
Burhan, B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Creswell, J. W. (2009). Research Design Pendekatan Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Damsar, S. (2010). Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: Kencana Prenada.
Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.
Mardikanto, T., Lestari, E., Anantanyu, S., & Saddhono, K. (2010). Konsep-konsep pemberdayaan masyarakat: acuan bagi aparat birokrasi, akademi, praktisi, dan peminat/pemerhati pemberdayaan masyarakat. Fakultas Pertanian UNS.
Mikkelsen, B. (2011). Metode penelitian partisipatoris dan upaya pemberdayaan: Panduan bagi praktisi lapangan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Moleong, L. J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif Cet. 21. Bandung: Rosda Karya.
Pitana, I. (2005). Sosiologi pariwisata.
Published
2019-09-30
How to Cite
yuliani, S., Alfitri, A., & Yusnaini, Y. (2019). Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Pariwisata Danau Teluk Gelam, Ogan Komering Ilir. Jurnal Media Sosiologi, 22(2), 143 - 153. Retrieved from http://jms.fisip.unsri.ac.id/index.php/jms/article/view/29