POLA JARINGAN SOSIAL EKONOMI PENGUSAHA UKIRAN KAYU HIAS DI JALAN FAQIH JALALUDIN KELURAHAN 19 ILIR KECAMATAN BUKIT KECIL KOTA PALEMBANG

  • Diyan Ahmad Ditomayoza Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Sriwijaya
  • Alfitri Alfitri Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Sriwijaya
  • Mery Yanti Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Sriwijaya
Keywords: Pola Sosial-Ekonomi Jaringan, Strategi Pembangunan, Ukiran Kayu Hias

Abstract

Penelitian ini membahas tentang "pola jaringan sosial ekonomi pengusaha kayu hias di jalan Faqih desa Jalaludin 19 Ilir bukit kecil Kecamatan kota Palembang". Permasalahan yang dipelajari dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pengembangan dan pola jaringan sosial ekonomi dalam usaha ukir kayu hias di jalan Faqih desa Jalaludin 19 Ilir bukit kecil Kecamatan kota Palembang. Desain penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Unit analisis adalah kelompok usaha ukiran kayu hias di jalan Faqih Jalaludin, Palembang. Data dikumpulkan oleh pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Verifikasi dan validitas data menggunakan teknik Triangulasi sumber, Triangulasi metode, dan Triangulasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan bisnis ukiran kayu di Jl. Faqih Jalaludin Kecamatan 19 Ilir bukit kecil Kecamatan kota Palembang, ada tiga strategi: strategi pengembangan produk, Strategi penjualan, dan integrasi jaringan. Strategi pengembangan produk adalah untuk meningkatkan kualitas produk, melihat tren pasar untuk kepuasan pelanggan tetap terjaga. Peningkatan saluran distribusi, kantor cabang, program periklanan dan promosi adalah strategi penjualan serta integrasi jaringan antara pengusaha ukir, pengukir, pemasok bahan dan konsumen dapat dilakukan dengan selalu menjaga komitmen antar jaringan. Pola jaringan sosial ekonomi dari bisnis ukiran kayu membentuk pola horisontal yang memiliki posisi yang sama dan saling membutuhkan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damsar dan Indrayani. 2013. Pengantar Sosiologi Ekonomi Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media Grup
Granovetter, Mark. 2005. The Impact of Social Culture on Economic Outcomes. Journal of Economics Perspectives. Vol. 19 No. 1.
Hendro. 2011. Dasar-Dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga.
Indrayani, S.E. 2009. Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Published
2018-02-28
How to Cite
Ditomayoza, D., Alfitri, A., & Yanti, M. (2018). POLA JARINGAN SOSIAL EKONOMI PENGUSAHA UKIRAN KAYU HIAS DI JALAN FAQIH JALALUDIN KELURAHAN 19 ILIR KECAMATAN BUKIT KECIL KOTA PALEMBANG. Jurnal Media Sosiologi, 21(1), 71 - 80. Retrieved from http://jms.fisip.unsri.ac.id/index.php/jms/article/view/8