MOBILISASI SUMBERDAYA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR BAGI ANAK YATIM DAN DHUAFA
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai mobilisasi sumberdaya oleh Sanggar Genius Yatim Mandiri sebagai pendamping belajar bagi anak yatim dan dhuafa di Desa Meranjat I Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara yang ditentukan secara purposive, dan dokumentasi. Isu penelitian ini dianalisis menggunakan teori mobilisasi sumberdaya dari Edward dan McCarthy. Hasil dari penelitian menunjukkan kegiatan Sanggar Genius Yatim Mandiri terdiri dari 1) bimbingan belajar gratis, 2) pertemuan bulanan untuk melaporkan perkembangan sanggar, dan 3) kegiatan tahunan yaitu olimpiade matematika dan beasiswa ICMBS. Sanggar Genius Yatim Mandiri telah melakukan mobilisasi sumberdaya dalam pendampingan anak yatim dan dhuafa. Beberapa bentuk mobilisasi sumberdaya Sanggar Genius Yatim Mandiri yaitu mobilisasi sumberdaya moral, sumberdaya kultur, sumberdaya manusia, sumberdaya organisasi sosial, serta sumberdaya material. Faktor pendukung dan penghambat gerakan Sanggar Genius Yatim Mandiri ialah 1) dukungan dari pemerintah Desa Meranjat I, 2) dukungan dari donatur, dan 3) dukungan dari keluarga anak yatim dan dhuafa. Sedangkan faktor penghambat penghambat gerakan Sanggar Genius Yatim Mandiri ialah 1) jumlah anak yatim dan dhuafa masih sedikit, 2) jadwal kegiatan sanggar bertabrakan dengan kegiatan mandiri anak, dan 3) kurang partisipasi anak dalam belajar.
Downloads
References
Moleong, L. J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Mubarok, M., & Yustafad, M. (2022). Pemberdayaan Anak Yatim Melalui Pengelolaan Dana Zakat (Studi Kasus di Yayasan Yatim Mandiri Cabang Kota Kediri). Legitima: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 4(2), 123–135. https://doi.org/10.33367/legitima.v4i2.2644
Ningsih, I. W., Nurasa, A., Sobron M, D., Syah, M., & Erihadiana, M. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Lembaga Filantropi Yatim Mandiri dalam Pemberdayaan Mahasiswa Yatim (Study Analisis Program MEC). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 859–869. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.357
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (Sutopo (ed.)). ALFABETA.
Sukmana, O. (2016). Konsep dan Teori Gerakan Sosial. Cita Intrans Selaras.
Syukron, M., & Fahmi, S. (2018). Manajemen Pengumpulan, Pendistribusian Dana Zakat, Infaq, Shodaqah dan Wakaf (Ziswaf) di Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Yatim Mandiri. Ekonomi Islam, 9(2), 185–192.
Wijayanti, F. D., & Fatah, D. A. (2022). Evaluasi Program Sanggar Genius Terhadap Indikator Pencapaian Modul dalam Prestasi Belajar Anak Binaan se-Jakarta Timur ( Studi kasus LAZNAS Yatim Mandiri KC Jakarta Timur ).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.