Jaringan Sosial Pedagang Pecel Lele di Kota Palembang (Studi di Kecamatan Ilir Barat I)

  • Namira Shita Jurusan Sosiologi, Universitas Sriwijaya
  • Yoyok Hendarso Jurusan Sosiologi, Universitas Sriwijaya
  • Safira Soraida Jurusan Sosiologi, Universitas Sriwijaya
Keywords: Jaringan Sosial, Pedagang Pecel Lele, Analisis Jaringan Sosial, Snowball Sampling.

Abstract

Artikel ini berjudul "Jaringan Sosial Pedagang Pecel Lele di Kota Palembang (Studi di Kecamatan Ilir Barat 1). Tujuan dari artikelini adalah menggambarkan Struktur jaringan sosial pedagang pecel lele di Kota Palembang (Studi di Kecamatan Ilir Barat 1). Desain artikelmenggunakan kuantitatif deskriptif dengan metode Analisis Jaringan Sosial (Social Network Analiysis/SNA). Responden pada pnelitian ini ditentukan menngunakan metode snowball Sampling yang dilakukan dengan wawancara ke pedagang pecel lele di Kota Palembang Menggunakan instrumen kuesioner. Data yang diperoleh pada artikelini dianalisis menggunakan perangkat lunak Ucinet 6.0 dengan output berupa sosiogram dan data statistic. Hasil artikelmenunjukkan bahwa aktor yang berperan penting adalah Bagus, Kushodin, Ari MZ,Ian, Atik, Maman dan Sri. Terdapat 9 klik (clique) dengan komponen dalam jaringan sebanyak 34, komponen terbesar dengan ukuran 8. Pedagang pecel lele di Kecamatan Ilir Barat I paling banyak mendapatkan bahan baku ayam, bebek, lele nila, gurame, udang, kerang,  kepiting, tahu, tempe dan sayur mayur dari Pasar Palimo. Bahan baku cumi-cumi paling banyak didapatkan dari Pasar 26. Kesimpulan dari artikelini adalah banyak actor yang tidak saling mengenal namun tingkat keeratan sangat tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriawati, M. R. (2016). Jaringan Komunikasi Perantau Etnis Jawa Asal Banyuwangi di Kota Makassar terhadap Daya Tarik Daerah Tujuan dan Daerah Asal. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 225–245. https://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/1895
Cindoswari, A. R. (2016). Analisis Struktur Jaringan Komunikasi dalam Adaptasi Ekonomi, Sosial, dan Budaya pada Paguyuban Babul Akhirat di Kota Batam. Komunikasi, 10(2), 129–144. https://journal.trunojoyo.ac.id/komunikasi/article/view/2517
Damsar. (1997). Sosiologi Ekonomi. PT. Raja Grafindo Persada.
Damsar. (2000). Masyarakat Madani dan Perguruan Tinggi: Suatu Kajian Sosiologis. In Indonesia Baru Menuju Masyarakat Madani. Baitul Hikmah.
Damsar. (2002). Sosiologi Ekonomi. PT. Raja Grafindo Persada.
Eriyanto. (2014). Analisis Jaringan Komunikasi. Prenada Media Group.
Field, J. (2010). Modal Sosial (Terjemahan). Kreasi Wacana.
Hasbullah, J. (2006). Social Capital: Menuju Keunggulan Budaya Manusia Indonesia. MR-United Press.
Monge, P. R., & Contractor, N. (2003). Theories of Communication Networks. Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/oso/9780195160369.001.0001
Nadhiroh, I. M. (2015). Jaringan Co-Authorship dan Potensi Kolaborasi Penelitian indonesia dengan Analisis Jaringan Sosial [Institut Pertanian Bogor]. https://docplayer.info/29703646-Jaringan-co-authorship-dan-potensi-kolaborasi-penelitian-indonesia-dengan-analisis-jaringan-sosial-irene-muflikh-nadhiroh.html
Rahmawati, A., Muljono, P., & Sarwoprasodjo, S. (2016). Analisis Jaringan Komunikasi Dalam Diseminasi Informasi Produksi Dan Pemasaran Jeruk Pamelo (Communication Network Analysis in Dissemination of Pummelo Fruits Production and Marketing Information). KMP: Jurnal Komunikasi Pembangunan, 14(1), 1–12. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalkmp/article/view/13547
Rinaldy, E., Ikhlas, D., & Utama, A. (2018). Perdagangan Internasional: Konsep dan Aplikasi. Bumi Aksara.
Rogers, E. M., & Kincaid, D. L. (1981). Communication Network: Toward A New Paradigm for Research. The Free Press.
Sujatmiko, E. (2014). Kamus IPS. Aksara Sinergi Media.
Wasserman, S., & Faust, K. (1994). Social Network Analysis. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511815478
Published
2020-09-30
How to Cite
Shita, N., Hendarso, Y., & Soraida, S. (2020). Jaringan Sosial Pedagang Pecel Lele di Kota Palembang (Studi di Kecamatan Ilir Barat I). Jurnal Media Sosiologi, 23(2), 118-140. Retrieved from http://jms.fisip.unsri.ac.id/index.php/jms/article/view/49