Peran Ganda Perempuan Pedagang Pakaian di Pasar Multiwahana Kelurahan Sialang Kecamatan Sako Kota Palembang

  • Sarah Apriyanti Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya
  • Yunin dyawati Jurusan Sosiologi, Universitas Sriwijaya
  • Safira Soraida Jurusan Sosiologi, Universitas Sriwijaya
Keywords: Peran Ganda, Perempuan Pedagang Pakaian

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Ganda Perempuan Pedagang Pakaian di Pasar Multiwahana Kelurahan Sialang Kecamatan Sako Kota Palembang”. Permasalahan di dalam penelitian ini adalah apa yang melatar belakangi perempuan terjun ke sektor domestik sehingga memiliki peran ganda. Akan dilihat pula bagaimana peran ganda perempuan sebagai pedagang pakaian atau pencari nafkah tambahan dan sebagai ibu rumah tangga serta apa saja hambatan yang diperoleh perempuan akibat peran gandanya. Penelitian ini menggunakan teori tindakan oleh Max Weber dan konsep tiga peran menurut Moser. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan unit analisis individu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi menggunakan 5 informan utama yaitu perempuan pedagang pakaian di Pasar Multiwahana. Dalam menentukan informan teknik yang digunakan adalah purposive. Teknik pemeriksaan dan keabsahan datanya menggunakan tirangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bila alasan perempuan bekerja adalah untuk membantu suami dalam mengatasi perekonomian keluarga sementara bagi single parent mereka adalah tulang punggung keluarga. Perempuan pedagang pakaian juga melakukan semua peran gandanya yang terdiri dari: peran produktif, peran reproduktif, dan peran sosial. Dari semua peran ganda yang dijalankan terdapat hambatan internal berupa masalah kesehatan, rasa bersalah meninggalkan anak, dan terbengkalainya pekerjaan domestik. Sementara hambatan eksternal yang didapat adalah  pandangan orang lain terhadap peran ganda yang dijalankan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Muh. Firyal, Srihandayani Suprapto, and Surati Surati. 2018. “Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Di Desa Jatimulya Kabupaten Boalemo.” Publik : (Jurnal Ilmu Administrasi) 6(2):135.
Al-maiyyah, Jurnal. 2014. “Hak Wanita Dalam Islam.” 7(1):53–71.
Amin, Saidul. n.d. “Filsafat Feminisme.”
Fakih, Mansour. 1997. “Analisis Gender Dan Transformasi Sosial.” 1–186.
Ken Suratiyah. 1996. Dilema Wanita Antara Industri Rumah Tangga Dan Aktivitas Domestik. Cet.1, Jul. Yogyakarta : Aditya Media.
Moser, C. O. N. 1993. “Gender Planning and Development: Theory, Practice and Training.” Gender Planning and Development: Theory, Practice and Training 117–19.
Muafiah, Evi, Muhammad Imaduddin, Wirawan Fadly, and Soraya Nastiti. 2019. “Berperspektif Gender Dalam Keagamaan Untuk Anak.” 12(1):1–30.
Omara, Andy. 2004. “Perempuan, Budaya Patriarki Dan Representi.” Mimbar Hukum 46(2):148–65.
Peter Beilharz. 1991. Teori-Teori Sosial.
Stavrova, Olga and Detlef Fetchenhauer. 2015. “Single Parents, Unhappy Parents? Parenthood, Partnership, and the Cultural Normative Context.” Journal of Cross-Cultural Psychology 46(1):134–49.
T.O. Ihromi. 2004. Bunga Rampai Sosiologi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Tuwu, Darmin. 2018. “Peran Pekerja Perempuan Dalam Memenuhi Ekonomi Keluarga: Dari Peran Domestik Menuju Sektor Publik.” Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian 13(1):63.
Wahyuningtyas, Prita. 2011. Hubungan Antara Konflik Peran Ganda Ibu Bekerja Dengan Sikap Terhadap Pemberian Asi Eksklusif Di Lembaga Pemerintah Kota Magelang.
Wibowo, Dwi Edi. 2011. “Peran Ganda Perempuan Dan Kesetaraan Gender.” Gender 3(1):356–64.
Published
2020-09-30
How to Cite
Apriyanti, S., dyawati, Y., & Soraida, S. (2020). Peran Ganda Perempuan Pedagang Pakaian di Pasar Multiwahana Kelurahan Sialang Kecamatan Sako Kota Palembang. Jurnal Media Sosiologi, 23(2), 155-170. Retrieved from http://jms.fisip.unsri.ac.id/index.php/jms/article/view/43