FENOMENA KAKAK ADEK ASUH DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI MAHASISWA SOSIOLOGI FISIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA (STUDI PADA ANGGOTA HIMPUNAN MAHASISWA SOSIOLOGI UNIVERSITAS SRIWIJAYA)
Abstract
Penelitian ini mengkaji mengenai “Fenomena kakak adek asuh dalam meningkatkan efikasi diri mahasiswa sosiologi FISIP Universitas Sriwijaya (Studi pada anggota Himpunan Mahasiswa Sosiologi Universitas Sriwijaya)”. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu berfokus pada mahasiswa sosiologi khususnya yang terhimpun dalam himpunan mahasiswa sosiologi Universitas Sriwijaya yang berupaya meningkatkan efikasi diri melalui fenomena kakak adek asuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif fenomenologi dengan penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori pertukaran sosial yang dikemukakan oleh George Casper Homans. Hasil penelitian ini merujuk pada gambaran program kakak adek asuh, hubungan yang terjalin antara kakak dan adek asuh, serta dampak yang ditimbukan dari program kakak adek asuh.
Downloads
References
Astuti, R., & Gunawan, W. (2017). Sumber-Sumber Efikasi Diri Karier Remaja. Journal Psikogenesis, 4(2), 141. https://doi.org/10.24854/jps.v4i2.348
Fatimah, S., Manuardi, A. R., & Meilani, R. (2021). Tingkat Efikasi Diri Performa Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Perspektif Dimensi Bandura. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 4(1), 25. https://doi.org/10.24235/prophetic.v4i1.8753
Helaluddin. (2018). Mengenal Lebih Dekat dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif. Uin Maulana Malik Ibrahim Malang, March, 1–15.
M. E. Machmud. (2015). Transaksi dalam Teori Exchange Behaviorism George Caspar Homans. Iqtishadia, 8(2), 257–280.
Muharto toha, D. (2017). Perilaku Organisasi. In Universitas Terbuka. https://doi.org/10.1080/09853111.2000.11105363
Nurasiah, N., & Zulkhairi, Z. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN ORGANISASI (ORGANIZATIONAL DEVELOPMENT) MTsN 2 KOTA LHOKSEUMAWE. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(3), 1–15. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i3.14789
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Supendi, P. (2016). Variasi (format) sistem pendidikan di Indonesia. Almufida, 1(1), 159–181. http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/almufida/article/view/110
Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922
Wardani, W. (2016). MEMBEDAH TEORI SOSIOLOGI: Teori Pertukaran (Exchange Theory) George Caspar Homans. Jurnal Studia Insania, 4(1), 19. https://doi.org/10.18592/jsi.v4i1.1111
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.