PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS TERHADAP AGRESIVITAS REMAJA (STUDI PADA SISWA SMAN 9 KECAMATAN KERTAPATI KOTA PALEMBANG)

  • Areta Rafika Aprilia Universitas Sriwijaya
Keywords: Religiusitas, Agresivitas, Remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dengan agresivitas. Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif. Sampel diambil berdasarkan teknik propotionate stratified random sampling. Responden dalam penelitian ini adalah 92 siswa di SMAN 9 Palembang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Skala yang digunakan adalah skala likert yang menghasilkan skala ordinal yang kemudian dikonversikan menjadi skala interval menggunakan Method Successive Interval (MSI). Penelitian ini menggunakan konsep religiusitas dari Glock dan Stark dan konsep agresivitas milik Buss dan Perry. Hasil analisis penelitian melalui uji korelasi Product Moment (rhitung) sebesar -0,627 > 0,205 (rtabel). Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara religiusitas dan agresivitas remaja, besaran pengaruh yang diuji melalui koefisien determinasi adalah sebesar 39,3%, sisanya sebesar 61,7% berasal dari pengaruh diluar penelitian.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burhan Bungin. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu_Ilmu Sosial Lainnya. Prenada Media.
Djamaludin Ancok, S. (2011). Psikologi Islami. Pustaka Pelajar.
Ferina Oktavia Dini. (2014). Hubungan antara Kesepian dengan Perilaku Agresif Pada Anak Didik di Lembaga Permasyarakatan Anak Blitar. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 03(03).
Jonathan Sarwono. (2012). Psikologi Sosial. Salemba Humanika.
Khamim Zarkasih Putro. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Remaja. Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25–32.
M. Chablul Chaq, Suharnan, A. P. R. (2018). Religiusitas, Kontrol Diri dan Agresivitas Verbal Remaja. Jurnal Psikologi, 27(2), 20–30.
M Al-Mighwar. (2006). . Psikologi Remaja Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. CV Pustaka Setia.
Sofyan Wilis. (2012). Remaja dan Masalahnya. ALFABETA.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (Sutopo (ed.)). ALFABETA.
Tri Dayaksini, H. (2015). Psikologi Sosial. UMM Press.
Published
2023-08-03
How to Cite
Rafika Aprilia, A. (2023). PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS TERHADAP AGRESIVITAS REMAJA (STUDI PADA SISWA SMAN 9 KECAMATAN KERTAPATI KOTA PALEMBANG). Jurnal Media Sosiologi, 25(1), 12-24. Retrieved from http://jms.fisip.unsri.ac.id/index.php/jms/article/view/92