PERAN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KECAMATAN TANJUNG RAJA, KABUPATEN OGAN ILIR

  • Weni Dwi Saputri Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Sriwijaya
  • Eva Lidya Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Sriwijaya
  • Merry Yanti Jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Sriwijaya
Keywords: ekspektasi program keluarga, peran sebagai pendamping, kendala

Abstract

Penelitian ini berjudul peran program pendamping ekspektasi keluarga (acara program keluarga harapan) di kabupaten Tanjung raja Ogan Ilir. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah peranan pendamping ekspektasi program keluarga (program Family harapan) dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan pendampingan. Hal ini bersifat kualitatif dengan unit analisa yang merupakan pendamping dari ekspektasi program keluarga (program Family harapan) di Tanjung raja. Pengumpulan data di peroleh dari pengamatan langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di kabupaten Tanjung raja. Informants dipilih secara pusposive dengan mengambil delapan informan.  Untuk menganalisis masalah itu digunakan Jim Ife berpikir tentang peran Pendamping.  

Hasilnya menunjukkan bahwa ada peran pendamping dalam memfasilitasi mentoring/ pendamping sebagai fasilitator, peran pendamping dalam memberikan pendidikan kepada peserta program, peran pendamping dalam memberikan keterampilan teknis seperti keterampilan dasar penggunaan komputer.  Adapun kendala internal dalam  pelaksanaan kegiatan seperti konseling trauma pada pendamping diri mempengaruhi kegiatan. Padahal, kendala eksternal seperti akses ke desa atau akses jalan desa, kendala dalam pengangkutan, penggunaan dana oleh para penerima manfaat tidak digunakan sesuai dengan tujuan program, dan ada kecemburuan dari orang yang tidak mendapatkan program bantuan yang mungkin mempengaruhi pelaksanaan mentoring

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS Kabupaten Ogan Ilir. 2015. Tanjung Raja Dalam Angka 2015. Katalog BPS 1102001.1610.040
Bungin, Burhan. 2012. Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Edisi Kedua. Cetakan Keenam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Kementerian Sosial. 2015. Buku Kerja Pendamping dan Operator Pendamping PKH. Jakarta: Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial.
Moleong, Lexy J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sarwono, Sarlito Wirawan. 2002. Teori- Teori Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Zubaedi. 2007. Wacana Pembangunan Alternatif: Ragam Perspektif Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-ruz Media.
Published
2019-02-28
How to Cite
Saputri, W., Lidya, E., & Yanti, M. (2019). PERAN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KECAMATAN TANJUNG RAJA, KABUPATEN OGAN ILIR. Jurnal Media Sosiologi, 22(1), 45 - 53. Retrieved from http://jms.fisip.unsri.ac.id/index.php/jms/article/view/20